Info

Resep Daging Asam Padeh, Kuliner Lezat Khas Padang

Spread the love

Kota Padang adalah salah Ibu Kota dari Provinsi Sumatera Barat yang terkenal akan berbagai macam kulinernya. Tak heran, bila para pecinta kuliner selalu menyempatkan diri menyinggahi kota ini untuk sekedar berburu makanan yang lezat. Ciri khas kuliner kota Padang adalah rasanya yang pedas dan kaya akan rempah. Salah satu makanan khas Padang yang wajib Anda coba ketika mengunjungi kota ini adalah daging asam padeh. Sesuai dengan namanya makanan ini terbuat dari daging sapi yang dibumbui rempah sehingga terasa asam dan pedas. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai resep daging asam padeh sebagai kuliner khas Padang yang harus Anda ketahui.

Resep Daging Asam Padeh yang Wajib Anda Ketahui

Masakan khas Padang tentu sudah terkenal dengan olahan daging dan rasanya yang pedas. Ada berbagai macam olahan daging yang tentunya memiliki rasa yang sangat menggiurkan. Daging asam padeh adalah makanan olahan khas Padang yang wajib Anda coba karena rasanya yang sangat lezat. Perpaduan rasa asam dan pedas dalam olahan daging ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Nah, bagi Anda yang ingin mengolah sendiri daging asam padeh caranya cukup mudah. Berikut adalah uraiannya :

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat daging asam padeh yaitu daging sapi gandik, daun jeruk, daun kunyit ( bisa ditambahkan atau tidak sesuai dengan selera), sereh (memarkan bagian putihnya), daun salam,  air, garam, dan gula. Serta tidak lupa bahan yang menjadi ciri khas olahan daging asam padeh ini yaitu asam kandis. Asam kandis berbeda dengan asam Jawa yang umumnya dijual secara bebas untuk bahan masakan di pasaran. Asam kandis ini memberikan cita rasa khas dari daging asam padeh sehingga sangat perlu untuk menggunakan bahan ini. Untuk jumlah bumbu dan bahan Anda dapat menyesuaikan dengan jumlah porsi yang akan dibuat serta porsi daging yang akan dibuat. Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan pelengkap lainnya seperti tomat dan daun bawang sesuai dengan selera yang Anda miliki.

Bumbu yang dihaluskan

Setelah mengetahui bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat daging asam padeh maka langkah selanjutnya Anda harus menyiapkan bumbu-bumbu yang dihaluskan. Berikut ini adalah bumbu-bumbu yang harus Anda siapkan dan haluskan untuk membuat daging asam padeh. Bumbu pertama yang harus Anda siapkan adalah bawang merah dan bawang putih. Selanjutnya yaitu cabai merah keriting, apabila Anda termasuk penggemar pedas maka Anda dapat menambahkan jumlah cabai merah atau bahkan dapat menambahkan cabai rawit. Selanjutnya kunyit, jahe, kemiri, lengkuas. Haluskan semua bahan tersebut lalu tambahkan sedikit garam untuk mempermudah proses penghancuran bumbu-bumbu tersebut.

Cara Pembuatan Daging Asam Padeh yang Harus Anda Perhatikan

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan serta bumbu-bumbu yang Anda perlukan untuk membuat daging asam padeh maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengolahan masakan tersebut. Cara pembuatan daging asam padeh hampir sama dengan pembuatan olahan daging lainnya. Bahkan bisa dikatakan pembuatan daging asam padeh ini sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah cara pembuatan daging asam padeh yang harus Anda ketahui :

  • Langkah pertama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika akan membuat daging asam padeh adalah dengan memotong-motong daging sapi.  Potonglah daging sapi dengan ukuran sedang atau sesuai dengan selera Anda. Baluri daging sapi yang telah dipotong-potong berikut dengan perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 hingga 20 menit hingga jeruk nipis telah meresap ke dalam daging sapi. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan bau amis daging sebelum diolah serta membuat daging tidak keras atau empuk ketika diolah sehingga mampu menambah kelezatan daging asam padeh.

  • Langkah kedua

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah melalui langkah pertama yaitu masukan daging yang telah dilumuri jeruk nipis tersebut ke dalam wajan. Tuangkan air serta masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Tambahkan sereh, daun salam, daun kunyit, dan lengkuas. Aduk terus hingga mendidih. Apabila sudah mendidih maka langkah selanjutnya adalah menambahkan asam kandis, garam, dan sedikit gula. Aduk terus hingga mengental dan daging asam padeh siap untuk disajikan. Saat penyajian Anda dapat menambahkan irisan tomat dan daun bawang ataupun daun seledri untuk mempercantik tampilan daging asam padeh yang Anda buat. Bagaimana sangat mudah bukan untuk membuat daging asam padeh? Anda dapat mencoba resep ini di  rumah sebagai salah satu alternatif menu makan Anda.

Tips Memasak Daging Asam Padeh Agar Hasilnya Memuaskan

Berikut adalah tips memasak daging asam padeh ini :

  • Memasak dengan api kecil

Tips pertama yang dapat Anda lakukan ketika akan memasak daging asam padeh adalah memasak menggunakan api yang kecil. Penggunaan api yang kecil akan membuat kematangan daging akan merata. Selain itu penggunaan api yang kecil akan membuat bumbu-bumbu meresap sempurna pada daging karena membutuhkan proses pemasakan yang cukup lama. Bila daging dirasa masih keras maka Anda dapat menambahkan air pada olahan dan tunggu hingga air habis atau berkurang. Lakukan cara tersebut berulang-ulang hingga mendapatkan tekstur daging yang Anda inginkan.

  • Membaluri daging dengan jeruk nipis sebelum diolah

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan pada saat memasak daging asam padeh agar hasilnya memuaskan adalah dengan cara membaluri daging dengan jeruk nipis. Diamkan daging selama 15 menit atau lebih. Semakin lama Anda mendiamkan daging tersebut maka hasil yang didapatkan akan semakin bagus. Hal ini dikarenakan jeruk nipis dapat membuat daging terasa lebih empuk dan menghilangkan bau anyir ketika dimasak.

Demikianlah resep pembuatan daging asam padeh, cara pembuatan, hingga tips pembuatan daging asam padeh yang harus Anda ketahui. Bagaimana tertarik untuk mencoba bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.