Info

Resep Perkedel Tempe Yang Wajib Anda Ketahui

Spread the love

Bagi Anda yang bingung menyediakan menu makanan sehat di rumah tetapi tetap bergizi maka perkedel dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Selain cara pembuatannya yang mudah, perkedel juga mengandung banyak gizi yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Ada beberapa jenis perkedel yang sering di buat di Indonesia, contohnya perkedel kentang, tahu, dan tempe. Mungkin bagi Anda perkedel tahu dan kentang tentu sudah sangat sering dibuat. Akan tetapi perkedel tempe, mungkin banyak yang belum mengetahui cara pembuatannya. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai resep untuk membuat perkedel tempe.

Resep Perkedel Tempe Rumahan yang Enak dan Bergizi

Perkedel tempe adalah salah satu menu makan yang wajib Anda coba untuk dibuat di rumah. Rasanya yang garing di luar namun lembut di dalam membuat hampir semua orang menyukai makanan ini. Sayangnya perkedel tempe tidak sepopuler perkedel tahu maupun perkedel kentang. Sehingga tidak banyak yang tahu cara pembuatan perkedel tempe tersebut. Padahal cara pembuatannya hampir sama dengan perkedel pada umumnya. Berikut ini adalah resep untuk membuat perkedel tempe yang dapat Anda terapkan di rumah :

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat perkedel tempe adalah tempe satu bungkus besar, terigu, telur, daun bawang, kentang, daun seledri, bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan gula pasir. Sesuaikan jumlah bahan dengan besar porsi yang akan Anda buat. Anda juga dapat menambahkan bahan lain sesuai dengan selera Anda.

Bahan-bahan yang dihaluskan

Bahan-bahan yang harus Anda haluskan pada saat akan membuat perkedel tempe adalah merica, bawang merah, dan bawang putih. Jangan lupa tambahkan sedikit garam agar lebih mudah ketika menghaluskan bahan-bahan tersebut. Untuk daun bawang dan daun seledri, potong kedua bahan berukuran kecil atau sesuaikan dengan selera Anda.

Cara Pembuatan Perkedel Tempe yang Harus Anda Ketahui

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan tersebut untuk membuat perkedel tempe maka Anda seharusnya mengetahui cara pembuatan perkedel tempe. Cara untuk membuat perkedel tempe sebenarnya sangat sederhana bahkan hampir sama dengan cara pembuatan perkedel tahu dan kentang pada umumnya. Akan tetapi karena tidak banyak yang mengetahui cara pembuatan perkedel tempe maka pada kesempatan ini akan dibahas mengenai cara pembuatan perkedel tempe yang harus Anda ketahui. Berikut adalah uraiannya :

  • Langkah pertama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika akan membuat perkedel tempe adalah mengukus tempe beserta kentang. Kukus tempe dan kentang selama beberapa menit untuk memastikan kedua bahan tersebut benar-benar matang dan empuk. Tujuan dari pengukusan kedua bahan itu adalah agar lebih mempermudah Anda untuk menghaluskan kentang dan tempe yang akan dijadikan bahan dasar pembuatan perkedel tempe. Apabila sudah matang, Anda dapat meniriskan dan menghaluskan kedua bahan tersebut.

  • Langkah kedua

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah menghaluskan kentang dan tempe adalah mencampurkan bahan tersebut dengan bumbu yang dihaluskan, potongan daun seledri dan bawang serta telur. Aduk campuran bahan-bahan tersebut hingga rata. Tambahkan sedikit tepung terigu untuk mempermudah proses pembentukan perkedel tempe.

  • Langkah ketiga

Kemudian apabila Anda telah membuat adonan perkedel tempe maka langkah selanjutnya yaitu membentuk adonan tersebut menjadi bulatan. Lumuri bulatan adonan dengan tepung terigu lalu masukkan ke dalam kocokkan telur. Apabila sudah selesai, maka perkedel tempe siap untuk digoreng. Goreng perkedel dengan api sedang. Angkat, lalu tiriskan dan sajikan.

Tips Dalam Memasak Perkedel Tempe

Setelah membaca uraian di atas mengenai tips memasak resep ini serta tata cara pembuatan perkedel tempe tentu Anda sudah dapat mempraktikkannya di rumah bukan? Akan tetapi untuk menunjang keberhasilan Anda dalam membuat perkedel tempe ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan. Berikut adalah uraiannya :

  • Tempe dan kentang harus dikukus bukan direbus

Tips pertama yang dapat Anda lakukan ketika akan membuat perkedel tempe adalah ,mengukus tempe dan kentang yang akan dibuat perkedel. Tujuan mengukus adalah membuat kedua bahan tersebut empuk tetapi kadar air tidak terlalu banyak. Berbeda dengan merebus yang pastinya akan membuat kadar air terlalu banyak.

  • Gunakan tempe yang matang

Selanjutnya tips yang dapat Anda lakukan pada saat akan membuat perkedel tempe adalah menggunakan tempe yang matang bukan tempe yang setengah matang. Hal ini disebabkan tempe yang matang akan lebih mudah dihancurkan. Sedangkan tempe yang belum matang memiliki tekstur yang susah dihancurkan serta memiliki aroma fermentasi yang pekat.

  • Gunakan api yang sedang ketika menggoreng

Kemudian tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat perkedel adalah menggunakan api yang sedang untuk menggoreng. Hal ini bertujuan untuk meratakan tingkat kematangan pada perkedel.

Demikianlah resep membuat perkedel tempe rumahan yang enak dan bergizi. Bagaimana sangat mudah dibuat bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.