Info

Resep Asem Asem Daging Sapi

Spread the love

Disaat liburan seperti sekarang ini, tidak ada salahnya untuk memasak makanan yang spesial untuk santapan keluarga tercinta di rumah, Jika Anda masih bingung untuk menentukan hidangan apa yang cocok untuk keluarga Anda, kami merekomendasikan Anda untuk membuat asem-asem daging sapi. Makanan ini kami rekomendasikan untuk Anda karena mudah untuk membuatnya serta memiliki cita rasa yang khas dan unik.

Asem-asem daging ini merupakan sebuah hidangan yang berasal dari Kabupaten Demak. Hidangan ini sangat dinanti karena memberikan cita rasa unik yang beda dari yang lain. Karena biasanya orang akan mengolah daging menjadi makanan yang memiliki cita rasa yang manis ataupun pedas, namun berbeda dengan makanan ini yang memiliki cita rasa yang asam menyegarkan.

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Asem Daging Sapi

Bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat asem-asem daging  adalah sebagai berikut ini :

  • Bahan utama yang digunakan adalah daging sapi segar, biasanya bagian yang digunakan adalah sandung lamur atau daging sengkel. Namun bagi Anda yang ingin membuat asem-asem daging menggunakan bagian daging lain ya silahkan saja, disesuaikan dengan selera masing – masing orang.
  • Bahan lain yang ditambahkan ke dalam masakan ini adalah 160 gram buncis, 1 buah wortel, 1 buah tomat hijau dan orange, 1/4 sendok teh merica bubuk, belimbing wuluh, ½ sendok makan kecap manis, 1 sendok makan gula merah, 4 sendok teh air asam jawa, gula pasir, garam.
  • Untuk bumbu tumisnya menggunakan 3 cabe hijau, 1 cabe merah, 6 cabe rawit, 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 4 iris lengkuas, 2 lembar daun salam dan minyak secukupnya.

Cara Membuat Asem Asem Daging Sapi

Agar Anda dapat membuat asem-asem daging sendiri untuk santapan keluarga tercinta dirumah, maka kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat hidangan tersebut. Silah simak ulasan berikut ini.

  • Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah mepresto daging sapi tersebut sampai menjadi lunak dan lembut. Karena jika Anda hanya sekedar merebut daging sapinya, daging sapi tersebut akan menjadi keras dan membutuhkan waktu yang lama sampai daging sapi tersebut menjadi empuk. Namun ketika Anda menggunakan presto, maka Anda hanya membutuhkan waktu yang sebentar untuk membuat daging sapi tersebut lunak dan nyaman untuk dimakan. Anda bisa memprestonya dengan 1 liter air selama 10 menit.
  • Setelah itu, tumis lah daun bawang sampai mengeluarkan aroma harum atau agak kekuningan. Lalu ditambahkan cabai, lengkuas, daun salam kemudian aduk hingga semua bahan menjadi layu.
  • Setelah tumisan selesai, tuangkan air rebusan sapi tadi sesuai dengan selera Anda. Setelah itu masukkan lah bumbu – bumbu seperti, gula merah, gula pasir, kecap, merica bubuk, dan garam. Setelah itu aduk dan kemudian masukkan bahan lain, seperti wortel dan buncis. Setelah wortel dan buncis tersebut lunak, maka bisa ditambahkan air asam jawa dan tomat. Kemudian aduk asem-asem daging sapi tersebut hingga rata dan cicipi rasanya. Bila ada bumbu yang kurang terasa, Anda bisa menambahkannya sedikit demi sedikit. Ketika sudah mendidih dan menimbulkan wangi yang sedap, matikan kompor dan segera hidangkan masakan tersebut.

Bagi Anda penikmat pedas, Anda bisa menambahkan sambel sesuai dengan selera Anda. Lalu santaplah hidangan asem-asem daging sapi ini ketika masih hangat bersama dengan keluarga tercinta Anda. Buatlah jus buah sebagai minuman pelengkap bagi hidangan ini.