Info

Resep Memasak Sate Kambing Muda Khas Tegal

Spread the love

Sate merupakan salah satu makanan yang banyak diminati, salah satunya sate kambing muda khas segala. Perpaduan antara daging kambing muda segar yang dibakar di atas tungku dengan bumbu rempah yang khas yang dapat membuat beberapa orang tergoda untuk menikmatinya. Tak hanya itu sate kambing juga memiliki banyak manfaat, salah satunya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Mengonsumsi Sate Kambing

Sate kambing dipercaya dapat mengobati gejala darah rendah atau anemia. Namun, kebanyakan sate kambing tidak diperbolehkan untuk dinikmati oleh seorang yang menderita darah tinggi atau hipertensi. Maka dari itu, sate kambing tidak diperbolehkan dikonsumsi setiap hari. Oleh karena itu kita dapat mengonsumsi dihati-hari tertentu saja.

Di setiap daerah memiliki ciri khas sate kambing yang berbeda-beda, salah satunya di Tegal. Tegal merupakan  salah satu daerah yang dikenal dengan sate kambingnya. Oleh karena itu tidak jarang orang ini membuat sate kambing seperti khas Tegal. Berikut ini resep sate kambing khas tegal

Resep Sate Kambing Khas Tegal

Berikut resep dan bahan yang perlu kalian sediakan.

  • Siapkan daging kambing muda dan rempah

Pertama, daging kambing muda yang segar beserta tusuk sate yang akan kalian gunakan. Kalian juga membutuhkan beberapa rempah seperti, merica, jahe. Sedangkan untuk bumbunya kalian hanya memerlukan bawang merah dan bawang putih. Tidak lupa untuk memanggangnya kalian juga memerlukan sebongkah arang ataupun alat untuk memanggang.

  • Potong bahan baku dan haluskan bumbu rempah

Setelah bahan dan resep sudah disiapkan, langkah yang perlu kalian lakukan adalah memotong daging kambing muda sesuai ukuran dan keinginan kalian. Setelah itu, haluskan bumbu rempah yang kalian perlukan dan sesuai dengan kapasitas daging yang akan kalian olah. Campur daging dengan rempah secara menyeluruh lalu diamkan daging bercampur bumbu selama beberapa jam sampai meresap.

  • Mulai proses membakar sate

Setelah rempah bumbu dengan daging meresap, daging kemudian ditusuk menggunakan tusuk sate. Setelah sate siap untuk dibakar, kalian harus menyiapkan terlebih dahulu alat panggang yang akan kalian gunakan. Apabila kalian membakar menggunakan arang, usahakan untuk kalian menyiapkan atau memanaskan arang tersebut. Baik menggunakan bahan bakar yang membuat arang mudah terbakar atau membakar menggunakan cara secara alami.

Namun apabila kalian menggunakan alat pemanggang listrik, kalian bisa memanaskan alat panggang dengan mencolokkan konektor ke stopkontak. Tak hanya itu, apabila kalian menggunakan pemanggang atas kompor kalian juga bisa terlebih dahulu memanaskan pemanggang di atas kompor dengan suhu yang rendah supaya daging tidak mudah menggosong.

Karena biasanya membakar menggunakan pemanggang atas kompor berisiko sulit untuk matang apabila kompor menyala dengan api yang kuat. Setelah kalian memanaskan kompor, taruh daging yang sudah ditusuk dan seringlah untuk dibolak-balik. Tujuannya untuk mempermudah sate matang dengan rata. Tak lupa ketika memanggang kalian juga dapat mengolesi sate dengan bahan tambahan seperti kecap. Kecap berfungsi untuk menambah rasa sedap pada daging yang dapat menggugah selera dari aroma ketika membakar sate.

Setelah sate matang secara merata, segera angkat supaya tidak terjadi kegosongan yang menyebabkan sate terasa pahit. Sate dapat dihidangkan dengan sambal yang khas seperti sate kambing khas Tegal. Sambal yang berisi seperti kecap manis, cabai rawit, bawang merah dan tomat manis segar. Dengan menambahkan sambal pada sate, sate dapat menambah kenikmatan yang bertambah.

Tak hanya dengan sambal, sate kambing juga dapat dinikmati dengan nasi sebagai lauk. Sudahkah kalian mencoba membuat sate dengan resep sate kambing muda khas Tegal?