Info

Hidangan Untuk Acara Pengajian yang Cocok Dimakan Segala Usia

Spread the love

Hidangan Untuk Acara Pengajian – Acara pengajian identik dengan hidangan makanan. Ini memang benar adanya, ketika ada kumpul-kumpul seperti ini pasti belum sempurna rasanya jika tidak ada makanan. Banyak sekali jenis makanan yang bisa dihidangkan di acara pengajian. Nah, jika masih bingung coba sajikan beberapa menu berikut.

Hidangan Untuk Acara Pengajian

Sajikan Menu Hidangan Untuk Acara Pengajian Berikut Agar Berkesan

  1. Brownies

Makanan manis yang langsung meleleh di mulut. Belum lagi rasa cokelatnya yang manis menambah enaknya brownies ini. Meskipun tampilannya keras namun brownies tetap terasa fudgy. Brownies ada dua varian yaitu yang dipanggang dan ada yang dikukus. Boleh sediakan yang mana saja dan simpan di tempat sejuk agar enak agar lebih enak dinikmati.

  1. Kroket

Gorengan yang satu ini pun tak kalah menyita perhatian sebagai daftar hidangan untuk acara pengajian . Campuran sayuran dan kentang yang sudah diolah dengan bumbu khas semakin enak saat berpadu dengan renyahnya tepung panir. Tentunya disajikan bersama saus ataupun sambal tomat. Namun jika tidak ada sambal, jangan lupa siapkan cabai rawit.

Menariknya, kini sudah ada beberapa varian kroket seperti kroket ragut ayam dan kroket keju lengkap dengan daging asap. Ada juga kroket tempe sayuran  yang kaya serat dan protein. Kroket telur pun tak kalah menarik, ini bisa jadi pilihan jika kroket ayam sudah habis.

Menggunakan kuning telur cincang dan telur rebus tetap menjadikan rasa kroket yang gurih. Jangan lupa tambahkan bawang bombai dan potongan wortel. Bahkan varian masa kini ada namanya kroket nasi yang tak kalah enak dan mengenyangkan.

  1. Klapertart

Jika dilihat dari namanya, pasti langsung berpikir ini makanan luar negeri. Padahal klapertart ialah makanan asli Indonesia tepatnya Manado. Meskipun hasil adaptasi dari makanan penjajahan Belanda, namun tetap sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Akhir-akhir ini klapertart mulai populer bahkan sudah hadir beberapa kategori yaitu dipanggang, dikukus dan ada tambahan bahan yang lain.

Sangat nikmat menyantap campuran daging dengan  daging kelapa muda ini dalam keadaan dingin. Untuk variannya ada klapertart cokelat tentunya sangat lezat. Kemudian juga ada klapertart durian, klapertart jagung, klapertart kukus berbahan ubi ungu, klapertart keju bersama toping kismis. Jika ingin menambahkan buah, boleh saja menghidangkan klapertart nanas yang segar saat masuk ke mulut. Klapertart gula merah dan pisang cokelat pun tak kalah menggiurkan.

  1. Bolu Kukus

Bolu kukus juga makanan tradisional yang sudah tak asing lagi di mulut masyarakat Indonesia. Memiliki tekstur yang lembut bahkan menjadi ide hidangan untuk acara pengajian yang mewah.

Saat ini bolu kukus juga hadir dengan rasa dan varian yang sangat banyak. Mulai dari bolu kukus kopi, bolu kukus pisang cokelat, bolu kukus pandan ombre yang sangat menarik dari warna hijau dan toping keju. Bolu kukus mekar yang mudah sekali ditemukan di jajanan pinggir jalan pagi hari. Bolu kukus pelangi yang belum terlalu populer namun tetap tak kalah menarik. Bolu kukus karakter yang sangat lucu dengan bentuk berbagai karakter mini. Ada juga bolu kukus marble talas, bolu kukus semangka hingga bolu kukus santan yang bermotif.

  1. Mini Pie

Pie pun banyak peminatnya dengan ukuran mini saat ini. Terdiri atas dua kategori pie buah dan pie susu. Memiliki rasa manis dan gurih dan kini sudah hadir banyak inovasi dalam rasa dan ukuran.

Beberapa varian mini pie yang bisa ditawarkan seperti  banoffee pie, dark cherry chocolate pie, pie apel caramel. Selain itu juga ada pie susu teflon tanpa telur, pie mini berisi cokelat dan pie mini brownies guzel.

  1. Lemper

Masih dengan kudapan tradisional yang hingga kini masih bisa ditemukan di beberapa daerah. Terbuat dari beras ketan yang berisi ayam suwir memiliki rasa gurih sebab dimasak bersama santan. Inilah daya tarik lemper sebagai inspirasi hidangan untuk acara pengajian yang membuat suasana lebih akrab. Karena dibalut menggunakan daun pisang dan dibakar makanya saat masuk ke mulut akan terasa wangi daun pisang.

Baca juga : Nasi Tumpeng di Kuningan

  1. Puding

Makanan yang bisa dinikmati sebagai pembuka sekaligus penutup dalam acara apapun. Memiliki rasa manis dengan tekstur yang creamy. Sama halnya dengan makanan lain, puding pun sudah banyak sekali inovasi soal rasa dan campuran bahan tambahan. Mulai dari choco caramel puding,  puding nutrijell,  puding cacing cokelat, puding blackforest cup dan silki puding.

Selain itu, pun bisa menambahkan sajian puding tiramisu, silki puding cokelat, puding sutra jeruk, puding susu toping buah kaleng dan puding rasa mangga lengkap dengan potongan buah mangga. Semua puding  ini memiliki cita rasa yang khas dari penggunaan bahan. Seperti puding mangga akan lebih terasa mangga dibandingkan puding cokelat yang bercita rasa manis cokelat.

  1. Lumpia Sayur

Gorengan yang juga tak kalah menggiurkan. Aneka sayur  berpadu dengan kulit lumpia renyah sangat pas di mulut. Cocok disajikan kapan saja baik pagi, siang ataupun malam. Jadi, jika pengajian dilaksanakan siang ataupun sore hari lumpia sayur merupakan hidangan yang cocok. Nama makanan ini sesuai dengan bahan kulitnya menggunakan kulit lumpia. Jangan lupa sajikan bersama sambal agar anggota puas menikmati sajian.

Nah, setelah baca artikel ini tidak perlu bingung lagi ingin menyuguhkan menu apa saja. Apalagi menu di atas tidak menghabiskan terlalu banyak biaya. Selain itu, akan lebih praktis jika pesan hidangan untuk acara pengajian di catering terdekat.