Info

Kuliner Khas Labuan Bajo

Spread the love

Kuliner Khas Labuan Bajo – Labuan Bajo sudah terkenal dengan keindahan alamnya. Hal ini juga yang membuat banyak wisatawan datang ke Labuan Bajo. Namun selain itu ternyata Labuan Bajo juga memiliki berbagai macam hidangan yang khas dengan cita rasa lezatnya. Hidangan tersebut juga bervariasi jenisnya mulai dari makanan ringan atau camilan dan juga makanan berat.

10 Kuliner Khas Labuan Bajo yang Bisa Anda Coba

  • Se’I

Hidangan pertama yang bisa Anda coba adalah Se’I. Se’I merupakan hidangan yang terbuat dari bahan daging sapi atau daging sapi asap. Uniknya hidangan ini diolah dengan cara yang tradisional yaitu dengan kayu bakar. Hasilnya adalah daging sapi dengan cita rasa yang lezat dan juga khas. Proses pengasapannya menggunakan waktu sekitar 9 jam. Daging tersebut akan ditutup dengan daun kosambi.

Jika daging sudah matang, kemudian akan diiris tipis dan dihidangkan sambal matang. Akan sangat nikmat juga jika menggunakan nasi hangat dan kerupuk.

  • Rumpu Rampe

Hidangan yang satu ini merupakan hidangan sayuran yang bisa Anda coba. Jenis sayuran yang digunakan adalah sayur pepaya dengan bunga pepayanya juga. Selain daun pepaya, hidangan ini juga menggunakan jantung pisang dan daun ubi. Bahan yang dicampur tersebut akan dimasak dengan bumbu khasnya. Bumbunya terdiri dari tomat, udang rebon sangrai, bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan penyedap rasa.

  • Jagung Catemak

Kuliner yang satu ini menggunakan bahan dasar berupa jagung. Namun selain jagung, juga ada jenis sayuran lain yang digunakan sebagai campuran seperti labu lilin dan kacang hijau. Jagung catamak ini memiliki cita rasa yang lebih asin sehingga berbeda dengan hidangan yang lainnya. Anda bisa menyantap hidangan ini dengan nasi hangat dan juga sambal untuk menambah cita rasanya. Kuliner khas Labuan Bajo murah ini harganya juga cukup terjangkau.

  • Kolo

Kolo atau juga sama dengan nasi bakar ini adalah hidangan khas dari Labuan Bajo. Hidangan ini berbeda dengan hidangan nasi bakar yang lainnya karena proses untuk pembuatannya juga berbeda. Kolo ini menggunakan bambu untuk membakarnya. Selain itu bumbu yang digunakan juga bumbu yang khusus. Bahkan alat atau tempat untuk membakarnya juga termasuk khusus.

Waktu yang dibutuhkan untuk membakar kolo ini kurang lebih selama setengah jam. setelah itu hidangan kolo ini siap untuk Anda nikmati dalam keadaan yang masih hangat.

  • Sup Ikan Kuah Asam

Jika Anda ingin hidangan dengan cita rasa yang lebih segar, maka sup ikan kuah asam. Sup ikan ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan sup ikan pada umumnya. Warna dari kuahnya yang kuning bisa membantu untuk menambah selera makan Anda. Hidangan ini juga memiliki rasa asam yang berasal dari belimbing wuluh. Biasanya beberapa warung atau catering akan menyediakan layanan pesan kuliner khas Labuan Bajo ini.

Artikel Lainnya : Harga Nasi Box di Jakarta

  • Sambal Ikan Teri

Jika di Jogja ada hidangan khas bernama nasi kucing, maka Labuan Bajo punya sambal ikan teri. Hidangan ini akan sangat cocok bila Anda sajikan dengan nasi bakar kolo yang masih hangat. Biasanya sambal ikan teri ini memang banyak ditemukan di restoran atau tempat makan di Labuan Bajo. Namun Anda juga bisa membuatnya sendiri karena caranya cukup mudah.

  • Roti Kompiang

Labuan Bajo juga memiliki camilan berupa roti yang bisa Anda nikmati. Roti tersebut terbuat dari tepung terigu namun hasilnya memang agak sedikit keras. Pada bagian atasnya akan ditaburi wijen yang menjadi ciri khas dari hidangan ini. roti ini akan sangat pas jika Anda santap dengan kopi hitam khas dari Labuan Bajo.

  • Rebok

Selain roti kompiang, Labuan Bajo juga memiliki camilan bernama rebok. Uniknya, camilan ini dalam bentuk bubuk sehingga berbeda dengan jenis camilan yang lainnya. Rebok tersebut terbuat dari olahan kelapa parut dan juga tepung beras. Camilan yang merupakan makanan tradisional ini memang banyak digunakan untuk suguhan tamu ketika ada acara adat.

Camilan rebok ini tetap enak jika Anda konsumsi secara langsung. Rasanya kurang lebih mirip dengan kue sagon dari Jawa Timur. bahkan banyak juga toko oleh-oleh yang jual kuliner khas Labuan Bajo ini.

  • Ikan Cara dan Ikan Kering

Labuan Bajo adalah daerah pesisir, hal inilah yang membuat Labuan Bajo memiliki banyak kuliner yang berasal dari ikan atau makanan laut. Salah satunya adalah ikan cara. Ikan cara ini banyak diolah untuk dijadikan ikan asin. Bentuk dari ikan cara adalah pipih dan juga kecil.

Cara untuk menikmati ikan cara ini adalah dengan menggorengnya hingga kering dan dinikmati dengan sambal terasi. Akan lebih nikmat lagi jika Anda menggunakan nasi hangat agar lebih kenyang. Selain ikan cara, juga ada jenis ikan kering lainnya yang banyak dijadikan oleh-oleh jika selesai berkunjung dari Labuan Bajo.

  • Jintan

Jika dilihat dari namanya, mungkin Anda akan mengira bahwa ini adalah termasuk dalam bumbu dapur. Akan tetapi jintan bukanlah bumbu dapur untuk masyarakat Labuan Bajo. Jintan ini adalah hidangan atau camilan berupa roti kering yang khas.

Kue jintan ini terbuat dari beberapa bahan seperti mentega, telur, gula pasir, dan tepung. Kue jintan ini akan cocok Anda sajikan dengan teh atau kopi hangat. Demikian adalah artikel mengenai kuliner khas Labuan Bajo yang bisa Anda coba. Anda pun dapat mencicipinya saat pergi liburan ke Labuan Bajo.