Info

Ini Dia Cara Memasak Nasi dalam Jumlah Banyak dengan Cara Cepat

Spread the love

Jika anda mendapat tugas memasak nasi dalam jumlah banyak seperti 50 porsi, anda mungkin penasaran dengan cara memasak nasi untuk 50 orang. Terlebih lagi jika anda belum pernah memasak nasi dalam jumlah banyak sebelumnya, tentunya anda mungkin merasa kebingungan, Anda bisa simak ragam cara dan tips berikut untuk anda coba.

Cara memasak nasi dengan cepat satu ini bisa anda coba saat memasak nasi dalam porsi sedikit ataupun porsi besar. Namun jika anda memasak nasi untuk porsi banyak, anda bisa gunakan cara di bawah ini untuk hasil lebih efisien. Cara satu ini memang bukan cara terbaru, jika anda sering mengikuti perkembangan dunia memasak pasti anda sudah mengerti cara ini.

cara memasak nasi untuk 50 orang

Cara memasak nasi dalam porsi banyak dan cepat tentunya sangat cocok untuk anda yang memiliki usaha di bidang kuliner seperti catering. Anda juga bisa coba cara ini saat anda mengadakan acara keluarga dengan mengundang banyak tamu di rumah, seperti acara syukuran, pengajian, dll.

Alat dapur yang harus anda siapkan adalah 2 kompor atau tungku, dandang dan panci ukuran besar. Satu kompor bisa anda gunakan untuk memasak air hingga mendidih sedangkan kompor lainnya akan anda gunakan untuk memasak nasi.

Cara memasak nasi porsi besar dengan cara cepat

  • Anda harus rebus air terlebih dahulu sampai mendidih sesuai kebutuhan. Air tersebut akan digunakan untuk menyiram besar
  • Di saat yang sama, anda harus panaskan dandang atau kukusan terlebih dahulu hingga mendidih
  • Cuci beras sampai bersih dan tiriskan
  • Anda bisa masak sampai beras menjadi padat dan tidak menempel pada tangan saat dipegang. Waktu yang dibutuhkan memang berbeda-beda berdasarkan jumlah besar yang akan anda masak. Untuk porsi 6 kg membutuhkan waktu kira-kira 15 menit
  • Lalu anda bisa tuang air mendidih secara perlahan ke atas beras, sebagian air akan terserap, anda bisa tuang air tersebut hingga beras terendam air mendidih ukuran 1 ruas jari lebih sedikit.
  • Anda bisa tutup dandang kembali lalu masa lagi kira-kira 30 hingga 45 menit hingga nasi tersebut matang sesuai dengan tingkat kematangan yang sesuai

Sudah banyak orang yang menggunakan cara di atas dan hasilnya memasak nasi dalam porsi besar menjadi lebih efektif. Anda juga bisa gunakan langkah di atas sebagai cara memasak nasi untuk 50 orang, pastikan sesuaikan dengan porsi.

Tips memasak nasi agar pulen

Meski terlihat mudah, tak semua orang dapat memasak nasi dengan baik. Meski sudah banyak yang mengikuti petunjuk terkadang masih ada kesalahan seperti nasi lembek atau bahkan terlalu keras. Bisa juga nasi menjadi kusam atau kotor karena kurang teliti saat mencuci beras. Memasak nasi memang bisa dibilang susah-susah gampang terlebih lagi jika anda memasaknya dalam porsi besar.

Untuk memasak nasi yang pulen, ada beberapa cara memasak nasi yang bisa anda perhatikan. Dengan memahami bagaimana cara memasak nasi yang benar maka nasi anda akan terasa pulen dan enak saat dimakan.

Menggunakan cara tradisional

Jika anda memasak nasi dengan jumlah besar, banyak orang yang menggunakan cara tradisional menggunakan tungku atau kompor. Cara memasak nasi yang bagus juga bergantung pada beras berkualitas juga. Cuci beras sampai bersih, buang kotoran atau gabah yang ada di dalam bulir beras. Pastikan anda membilas beras hingga bersih untuk menyingkirkan sisa pati karena hal tersebut bisa membuat beras anda menjadi lengket.

Sebelum mulai menanak, anda bisa rendam beras terlebih dahulu selama 30 menit, cara satu ini bahkan sudah banyak digunakan oleh orang Jepang. Setelah itu masukkan beras ke dalam dandang atau panci dan masak dengan api sedang. Selama memasak nasi, beras harus sering diaduk agar tidak berkerak di bagian bawahnya.

Jika anda memasak nasi menggunakan panci kukus atau dandang, caranya akan sedikit berbeda. Saat nasi sudah menjadi setengah matang, anda bisa angkat panci dan ganti dengan panci kukus. Lalu anda bisa masukkan air di bawah saringan tersebut. Angkat dan pindahkan nasi ke panci kukus.

Untuk membuat nasi anda lebih pulen, takaran air yang pas sangat penting. Saat menanak nasi, perbandingan air dan beras adalah kunci. Untuk beras putih anda bisa campurkan 1 gelas beras dengan satu setengah gelas air sebagai perbandingan. Anda bisa gunakan gelas ukur untuk mendapatkan ukuran yang tepat. Lalu untuk beras yang belum disosoh akan menghabiskan waktu lebih lama saat proses memasak karena menyerap air.

Hasilnya bisa anda lihat saat salah dalam mengukur air saat memasak nasi. Jika anda memberikan air lebih dari satu ruas jari telunjuk, biasanya nasi menjadi lebih lembek. Jika terlalu banyak bahkan nasi bisa menjadi seperti bubur. Jadi anda harus berhati-hati saat memberikan takaran air.  Namun jika air kurang dari ruas jari, nasi bisa menjadi setengah matang atau keras.

Selain itu ada tups memasak nasi agar tetap pulen saat dimakan, walau sudah disimpan menggunakan rice cooker. Bahkan warna nasi juga tidak berubah kuning. Saat nasi anda sudah matang, anda bisa mematikan rice cooker dengan cabut kabelnya langsung. DIamkan nasi selama kurang lebih 20 menit, lalu anda bisa aduk perlahan. Cara satu ini dilakukan agar nasi tetap pulen. Lalu anda bisa nyalakan kembali rice cooker.  Demikian cara memasak nasi untuk 50 orang dan membuat nasi tetap pulen.

Referensi : https://masakantradisional.com/